Online Visitor

Saturday, February 4, 2017

Tipe dan Bentuk Model kamera CCTV

Pasti kalian tahu kan apa itu CCTV ?

CCTV adalah Closed Circuit Television yang artinya sebuah kamera pengintai yang dapat merekam gambar dan suara, kedalam sebuah monitor yang rekamannya bisa tersimpan dengan bantuan perangkat lain yang disebut dengan DVR yang di dalamnya terdapat sebuah Hardisk yang kemudian dikelola sehingga menjadi file rekaman.
CCTV menjadi pilihan yang paling tepat untuk merekam suatu daerah, Seperti kamar anda sendiri, Garasi, Tempat parkir, Taman, Bank, Supermarket, Jalan Raya dan lain sebagainya.

CCTV juga berbeda spesifikasi dan modelnya, Apa saja modelnya ? Yuukkk simak penjelasan berikut yang saya ambil dari beberapa sumber.

1. Dome CCTV

Kamera CCTV Dome diberi nama demikian karena bentuknya yang mirip dengan dome (kubah). Jenis kamera CCTV ini umum digunakan dalam sistem pemantauan keamanan bisnis seperti pada kantor, restoran serta toko karena desain yang mudah berbaur dengan lingkungan sekitarnya. Bila hanya melihat dari bentuknya saja akan sulit bagi orang untuk membedakan arah lensa kamera. Tipe dome camera CCTV adalah pilihan terbaik untuk pemantauan keamanan karena mudah di pasang di mana saja.

Jenis kamera CCTV dome tipe kubah ini tersedia dengan berbagai fitur terbaru seperti kualitas gambar HD (High Definition), kamera inframerah untuk pengawasan di tempat gelap, wide dynamic range (WDR), hingga jenis dome camera CCTV yang vandalproof (tahan perusakan). Keuntungan tipe dome camera CCTV adalah anda tidak perlu lagi membeli bracket atau lensa tambahan. Tipe kamera kubah merupakan pilihan pengawasan keamanan yang terjangkau untuk rumah maupun bisnis.
Biasanya CCTV seperti ini dipasang untuk Indoor alias Dalam ruangan.

2. CCTV Inframerah




Jenis kamera CCTV inframerah memiliki kemampuan untuk menangkap gambar video dalam kondisi cahaya minim, hingga pada kondisi Lux = 0 atautidak ada cahaya sama sekali. Tipe kamera inframerah disebut juga sebagai kamera IR (Infrared) atau “Night Vision Camera“. Dome Kamera inframerah memiliki LED IR yang ditempatkan di bagian luar lensa sehingga memberikan kamera kemampuan melihat di malam hari. Kamera inframerah memungkinkan untuk menangkap video dalam kegelapan dengan menggunakan cahaya inframerah untuk mengganti cahaya tampak.

Kamera CCTV Infrared dapat beroperasi di hampir semua kondisi pencahayaan, dari siang hari yang cerah (asalkan tidak mengarah langsung ke arah matahari) hingga kegelapan malam. Kamera ini sangat sensitif terhadap cahaya dan karena dapat menggunakan sedikit cahaya untuk memberikan gambar apa sedang dilihatnya. Dalam kondisi cahaya rendah, gambar yang dihasilkan berupa hitam dan putih. Dalam kondisi gelap gulita atau pekat total, kamera menggunakan LED inframerah built-in untuk menerangi area di depannya. Lampu ini tidak terlihat oleh mata manusia, meskipun demikian Anda mungkin melihat cahaya merah samar yang datang dari depan kamera.


Pada siang hari atau pada lingkungan yang cukup terang, fitur IR Cut Filter pada kamera akan aktif untuk menyaring panjang gelombang cahaya yang tidak diperlukan kamera untuk memberikan gambar warna yang lebih jelas.

3. Kamera CCTV Dome Vandalproof
Kamera dome vandalproof adalah dome kamera CCTV dengan casing yang sangat kuat sehingga cocok digunakan didaerah yang rawan aksi vandalisme. Keuntungan tipe CCTV ini adalah ia akan dapat terus beroperasi walaupun seseorang berusaha untuk merusaknya karena housing CCTV yang tangguh dan tidak mudah pecah. Selain itu, lapisan pelindung tebal dari kaca atau plastik pada bagian depan lensa akan melindungi lensa kamera. Dengan demikian akan menjamin kamera tetap berfungsi pada suatu aksi perusakan.

Vandalproof camera umumnya terbuat dari bahan logam padat dengan penutup lensa dari plastik poli karbonat yang anti pecah. Kamera ini biasanya digunakan di daerah-daerah yang rentan terhadap vandalisme atau gangguan perusakan. Setelah kamera ini dipasang dengan benar maka ia akan sangat sulit untuk dirusak karena benar-benar tertutup dan biasanya membutuhkan alat khusus untuk membuka penutup kubah.

Kabel CCTV di masukkan ke dalam dinding sehingga sulit bagi pelaku untuk memotong kabel atau menariknya keluar. Kaca pelindung lensa dome kamera vandalproof juga dirancang untuk tahan terhadap pewarna seperti spidol atau cat. Bila seseorang mencoba untuk menempelkan sesuatu di atas penutup tersebut maka pengawas akan segera mengetahui aksi kejahatan yang sedang berlangsung. Rekaman pada DVR akan memungkinkan anda untuk melihat gambar sebelum pelaku berhasil menutupnya.

4. Box Model CCTV


Untuk pemasangan CCTV model box, jika posisinya berada dalam jangkauan tangan, maka sebaiknya ditambahkan sebuah tempat pelindung, sehingga mencegah pengrusakan CCTV itu sendiri. 
Untuk tempat-tempat yang minim pencahayaan, box camera CCTV dapat digabungkan dengan alat external yang mendukung teknologi infra merah, dengan catatan lensa CCTV yang digunakan juga haruslah yang sensitif terhadap sinar infra merah tersebut.
Model dari CCTV ini adalah berbentuk Kotak, Sesuai dengan namanya ya hehe.
Dan biasanya CCTV ini lebih murah daripada CCTV model lain

5. Bullet Model CCTV

Bullet camera ada yang indoor ataupun outdoor. Aplikasinya disesuaikan dengan keadaan sekitar, sehingga belum tentu cocok di ruangan dengan estetika tinggi. Kebanyakan jenis ini dipasang di outdoor dan sudah dilengkapi dengan lampu infra merah (infra red lights) agar menghasilkan gambar hitam-putih yang jelas dalam jarak tertentu, walaupun kondisi di sekitarnya gelap total. 
Bullet Camera adalah CCTV yang paling sering diminati karena biasanya menurut orang orang model dan kualitas dari Bullet CCTV sangat bagus.

6. Pan Tilt Zoom ( PTZ ) Model CCTV


PTZ artinya Pan – tilt – zoom. Camera jenis ini memberikan kemudahan operator untuk melakukan perintah ke kamera untuk bergerak kekiri / kanan (pan); naik dan turun (tilt) atau melakukan zoom lensa. Semua itu bisa dilakukan oleh operator, akan tetapi camera juga bisa deprogram untuk melakukan gerakan PTZ menurut interval waktu tertentu secara automatis.
Salah satu model camera CCTV ini adalah SCP-2371 PTZ Dome Camera dari Samsung yang dibandrol dengan harga sekitaran $875.
Produk jenis ini memberika performa yang sangat tinggi yang menggabungkan kamera, lensa, receiver dan penutup yang keseluruhan membentuk satu system PTZ. Model ini ada yang bisa memberikan pantauan panning 360°, kemiringan dari -85 ° sampai 40 °, dengan pantauan pandang yang sangat bagus dengan tingkat optic zoom yang tinggi. Kamera dengan model ini biasanya dilengkapi dengan perekam suara yang berkualias Bagus.

Gimana ?? Tertarik gk buat beli CCTV ? Dari 6 model dan jenis diatas mana yang kamu pilih ??
Tulis di Komentar ya!, Gunakan kata-kata sopan.


Share:

0 komentar:

Post a Comment

Welcome to NanoTech877!

©NanoTech877™ @2020. Powered by Blogger.

CHAT

Partner