Online Visitor

Saturday, March 18, 2017

Jenis Kendaraan Dinas Pemadam Kebakaran

Kemarin ada yang Request artikel tentang Pemadam Kebakaran, Dan langsung saya konfirmasi.
bagi kalian yang juga ingin request, Silahkan chat Via Fanspage, Chatbox, Atau komen dibawah.

Berbagai Jenis Kendaraan Pemadam Kebakaran

Berikut berbagai jenis kendaraan pemadam kebakaran seperti truk (blanwir/branwir), mobil, motor, pesawat beserta fungsi serta manfaatnya. Perlu diketahui bahwa pemadam kebakaran telah ada di Indonesia sejak tahun 1850. Namun saat itu keterbatasan alat pemadam kebakaran tidak membatasi para pemadam untuk tetap menaklukan api.

Seiring dengan perkembangan zaman membuat peralatan para pemadam kebakaran terus berkembang dimulai dari hanya baju yang melindungi diri dari air, berlanjut kepada baju untuk melindungi diri dari api. Kemudian peralatan pemadam pun semakin bervariasi dimulai dari selang air, tangga, dan peralatan sederhana menjadi truk pemadam kebakaran, dengan pipa air dan dilengkapi peralatan lainnya yang lebih modern.

Mobil Pemadam Kebakaran

Fire Truk atau Mobil Pemadam Kebakaran merupakan hasil dari rangkaian berbagai unit sistem yang terdiri dari Engine, Chassis, Pompa, dan PTO (Power Take Off). Keseluruhan unit sistem tersebut dirangkai menjadi satu kesatuan mobil pemadam kebakaran yang disesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan.

Mobil Pemadam Kebakaran memiliki banyak bentuk dan fungsi yang berbeda-beda. Bila melihat dari bentuknya mobil pemadam kebakaran dibagi menjadi dua, yaitu Mobil Pemadam Ringan dan Mobil Pemadam Besar.

Mobil Pemadam Kebakaran Ringan

Light Fire Tender adalah sebutan untuk mobil pemadam ringan. Mobil pemadam ini memiliki ciri seperti bentuk yang kecil yang berukuran seperti pick up, jeep dan lainnya.
Mobil Pemadam Kebakaran Ringan - NanoTech877



Mobil Pemadam Kebakaran Besar

Fire Truck atau Fire Tender adalah sebutan untuk mobil pemadam besar. Mobil pemadam ini memiliki ciri seperti bentuk dan berat yang besar dikarenakan umumnya memakai chassis truk.

Mobil Kebakaran Kebakaran Besar - NanoTech877


Adapun berbagai jenis mobil pemadam kebakaran yang dibagi atas fungsi dan kegunaannya 

Mobil Pemadam Kebakaran Busa

Foam Tender Truck adalah sebutan untuk mobil pemadam kebakaran jenis busa. Mobil jenis ini sudah pasti dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk dapat menyemprotkan bahan pemadam kebakaran jenis busa atau foam.

Mobil Pemadam Kebakaran Tepung Kimia

Dry Chemical Tender adalah sebutan untuk mobil pemadam kebakaran jenis tepung kimia. Mobil jenis ini dirancang khusus untuk dapat memadamkan api dengan bahan Dry Chemical atau tepung kimia.

Mobil Pemadam Kebakaran Dry Chemical - NanoTech877

Mobil Pemadam Kebakaran Ganda


Multi Agent Fire Tender merupakan sebutan untuk mobil pemadam kebakaran yang memiliki dua jenis bahan pemadam seperti air, foam atau dry chemical.

Mobil Pemadam Kebakaran Pompa

Pump Truck – Mobil jenis ini umumnya berukuran kecil dan memiliki fungsi untuk membawa pompa, namun adapun mobil pemadam jenis ini adapun yang membawa air, namun dengan jumlah yang tidak terlalu banyak.
Mobil Pemadam Kebakaran Pompa - NanoTech877

Mobil Pemadam Kebakaran Tangga

Turntable Tender dan Snorkle adalah sebutan untuk mobil pemadam kebakaran yang membawa tangga otomatis. Mobil pemadam jenis ini memiliki ukuran yang lebih besar dari mobil pemadam lainnya. Hal ini disebabkan oleh adanya tangga yang dibawa. Tangga tersebut dapat naik dan turun secara otomatis untuk mencapai ketinggian tertentu. Umumnya mobil jenis ini digunakan untuk mencapai area gedung yang memiliki titik api di lantai yang tinggi atau untuk evakuasi para korban.


Motor Pemadam Kebakaran

Selain mobil pemadam kebakaran sebenarnya kendaraan lain seperti motor juga ada dan hadir untuk melengkapi para pemadam untuk memadamkan api. Motor Pemadam Kebakaran memang memiliki ukuran yang kecil dan tidak dapat membawa banyak perlengkapan atau bahkan membawa air untuk memadamkan api. Namun berbagai inovasi dengan memodifikasi motor menjadi sangat berfungsi untuk membantu memadamkan api pun hadir. Berikut ini beberapa jenis motor pemadam kebakaran yang disesuaikan dengan fungsinya.

Motor Dinas Pemadam Kebakaran

Motor Pemadam Kebakaran Air

Motor Pemadam Kebakaran jenis ini memiliki fungsi untuk membawa air beserta pompa untuk memadamkan api. Umumnya tampungan airnya sekitar 300-400 Liter air yang dapat dibawa. Motor yang telah di modifikasi memang mampu memadamkan kebakaran dengan api ukuran ringan sampai sedang, sebelum mobil pemadam kebakaran dapat sampai untuk membantu memadamkan api.

Motor Pemadam Kebakaran Air

Motor Pemadam Kebakaran Ifex

Motor Pemadam Kebakaran jenis ini telah hadir di Indonesia khususnya di DKI Jakarta, seperti yang dilansir dari Otomotifnet.com motor Suzuki Inazuma 250 cc ini berfungsi untuk memadamkan kebakaran ringan dengan cepat. Motor yang di modifikasi dengan baik ini memiliki bentuk motor seperti umumnya, namun yang membedakan hanya pada bagian belakang motor yang telah dilengkapi dengan tabung pemadam api ringan (H2O Science Fire Fighting System) disebelah kiri dan kananya. Selain itu motor ini sudah dilengkapi dengan selang gulung dan dengan panjang 20 meter beserta nozle.

Motor Pemadam Kebakaran Ifex
Motor Pemadam Kebakaran Rescue

kotak disebelah kiri dan kanan yang membawa berbagai peralatan pendukung memadamkan api dan penyelamatan korban. Adapun Combi Tools Charger yang berfungsi untuk memotong benda keras untuk dapat membuat celah atau lubang. Untuk peralatan lainnya yang dibawa seperti APAR, rantai, alat pemotong kaca, linggis, dan berbagai alat P3K.


Dengan adanya motor pemadam kebakaran diharapkan dapat mampu dengan cepat mencapai tempat terjadinya kebakaran. Walaupun dengan peralatan minim, namun diharapkan bila terjadi kebakaran dengan tipe api kecil dapat teratasi dengan cepat. Motor pemadam kebakaran juga diperbolehkan masuk tol, hal ini juga dapat membantu berbagai kebakaran dengan jarak tempuh jauh atau kebakaran yang terjadi di area kemacetan dan area di dalam tol

Pesawat Pemadam Kebakaran

Selain mobil dan motor, adapula pesawat yang difungsikan untuk memadamkan api. Pesawat yang dibuat dari pesawat boeing 747 mampu membawa 24ribu galon air. Pesawat ini juga mampu memadamkan 105ribu hektar hutan ataupun lahan yang sedang terbakar. Dikarenakan area hutan yang sulit dijangkau oleh mobil dan motor maka pesawat pemadam kebakaran adalah salah satu solusi untuk dapat memadamkan area hutan yang terbakar.

Dengan adanya pesawat pemadam kebakaran, maka keseluruhan area kebakaran dapat terlihat dan dapat diatasi dengan cepat. Namun biaya yang cukup besar untuk sekali penerbangan membuat pesawat pemadam kebakaran sangat jarang dipakai, terkecuali keadaan yang mendesak. Bila pesawat pemadam kebakaran tidak dipakai, maka penanganan kebakaran lahan hutan dilakukan secara manual dengan mengirim anggota pemadam ke dalam area atau titik api terdekat.







Share:

0 komentar:

Post a Comment

Welcome to NanoTech877!

©NanoTech877™ @2020. Powered by Blogger.

CHAT

Partner