Online Visitor

Thursday, February 16, 2017

Akibat, dan cara mengatasi pencemaran lingkungan

Di era global seperti ini justru lingkungan semakin tercemar karena banyaknya kendaraan bermotor, pabrik-pabrik, yang sengaja dibangun untuk memenuhi industri, kebutuhan manusia, dan masih banyak juga loh orang yang membuang sampah sembarangan. Bukan maksud saya untuk suudzon, tetapi itu menurut pandangan saya.
Akan tetapi, bagaimana bumi ini bisa terjaga, jika manusia terus-terusan berbuat seperti itu, dan suka menebang pohon sembarangan tanpa melakukan reboisasi. Serta dizaman serba canggih ini banyak yang membuat rumah kaca. Tidak sadarkah manusia atas apa yang ia lakukan perlahan akan membuat bumi ini hancur?
Penyebab penyemaran atau kerusakan lingkungan memang diakibatkan oleh dua faktor. Akan tetapi menurut saya yang paling banyak menyebabkan kerusakan terhadap lingkungan adalah faktor manusia. mengapa?


Karena semua hal bisa kita nilai sendiri seperti penebangan hutan secara liar, tanpa melakukan reboisasi? Tidak kan. Karena jika pohon tidak ada. Maka jika hujan turun dengan sangat lebat tidak akan ada tanaman yang mampu menyerap air. Dan jika akan terjadi longsor tidak ada tanaman yang menahannya. Maka banjir dan longsor bisa terjadi kapan saja.

Lalu apakah ada cara untuk mengatasi ataupun mencegah agar pencemaran lingkungan tidak terjadi? jawabannya banyak, karena jika kita ada kemauan untuk merubah segala sesuatu tentu akan banyak jalan yang bisa kita tempuh, begitu pula dengan mengatasi pencemaran lingkungan, ada beberapa cara diantaranya sebagai berikut.

1. Jangan melakukan penebangan hutan secara liar


2. Jika telah menebang pohon dihutan maka lakukanlah penanaman kembali atau reboisasi


3. Jangan membuang sampah sembarangan, apalagi membuang sampah ke sungai


4. Mengurangi pengguanaan pestisida berlebihan agar tidak mencemari air


5. Mengganti bahan bakar fosil menggunakan bahan bakar hayati

6. Biasa menerapkan prinsip 4R, yaitu:

1). Reduce
2). Recycle
3). Reuseu
4). Replace

Dampak Negatif dari pencemaran Lingkungan adalah sebagai berikut.


  • Berkurangnya udara segar dan Oksigen, Unsur tersebut sangat dibutuhkan untuk Manusia.
  • Tidak hanya manusia, Bahkan Hewan pun membutuhkan udara segar. Sedangkan kita seenaknya
    Menebang Pohon dengan bebas, Padahal Manusia butuh 24 Pohon untuk menghirup oksigen
    Yang bersih dan tentunya cukup untuh tubuh.

  • Menipisnya Lapisan OZON, Lapisan pelindung Bumi dari sinar UV ini juga akan menipis jika kita terus menggunakan Kendaraan yang tidak ramah lingkungan, Kendaraan pada biasanya mengeluarkan Gas buang pada Kenalpot yang mengakibatkan menipisnya Lapisan OZON. Efek rumah Kaca pun berdampak pada Lapisan OZON. Tidak hanya diakibatkan oleh Kendaraan, Polisi udara yang lain seperti Gas CFC, Asap Pabrik, Asap Rokok, dan lain sebagainya.
  • Bumi akan tidak akan terlihat Indah seperti dulu lagi, Bagaimana tidak. Sampah dan bau tak sedap pun muncul hampir disetiap Daerah di Dunia, Polusi udara dan pemanasan Global pun ikut membuat Bumi tidak terlihat indah lagi. Dan mungkin mengakibatkan kerusakan yang cukup parah pada Bumi itu sendiri
  • Masih banyak yang lainnya, Jadi jangan sampai kalian mencemarkan Planet kalian sendiri.

Semoga bermanfaat.

Sumber : Buku IPA kelas 7, Quadra.




Share:

0 komentar:

Post a Comment

Welcome to NanoTech877!

©NanoTech877™ @2020. Powered by Blogger.

CHAT

Partner